MAKAM VAN DUYNHOVEN+GEREJA RK PURBA HINALANG

February 13, 2008 at 4:16 am 12 comments

gereja.jpg

Ini adalah sebuah gereja Katolik di simpang haranggaol. dulu gereja ini terbilang kecil, sekarang sudah di bangun kembali dengan gaya arsitektur tardisional simalungun rumah bolon. Namun di sini terdapat makam seorang pastor yang cukup berjasa diwilayah simalungun atas khususnya bagi masyarakat sardolok/silimakuta.jasa dalam membangun pendidikan alternatif selain negeri yang cukup bagus. itu sebabnya sebuah sekolah SMA di namai atas namanya SMU RK Van Duynhoven.(salib kecil, putih di sebelah kiri gereja)

Uskup Agung Medan Resmikan Gereja Katolik Inkulturatif St Pio Purba Hinalang Simalungun

Purba Hinalang (SIB)
Ribuan massa menghadiri peresmian pemberkatan gereja Katolik inkulturatif Santo Pio Purba Hinalang Kecamatan Purba, Simalungun berbiaya Rp1,4 miliar oleh Uskup Agung Medan Mgr AGP Datubara OFM Cap, Minggu (8/7) yang berlangsung meriah.
Peresmian diawali pengguntingan pita oleh pemuka warga setempat Piter Purba didampingi Pastor Albert Pandiangan.
Uskup Agung Mgr AGP Datubara melakukan “pangurason” mulai dari pintu masuk sampai ke altar dan sekeliling gereja yang dirancang dengan perpaduan teknologi modern dan tradisional. Sebelumnya Uskup Agung mendoakan material demban sayur, pisang, itak gabur dan tebu sebagaimana pemenuhan adat istiadat yang sakral diserahkan pemuka masyarakat. Doa dipanjatkan uskup dengan pengharapan senantiasa mendapat kelimpahan rezeki dan keselamatan.
Puncak peresmian gereja yang dihiasi seni ornamen khas daerah itu dihadiri mantan Menaker Dr Cosmas Batubara bersama keluarga Drs Sabam Leo Batubara (wakil Ketua Dewan Pers) bersama keluarga Fransiskus Purba SH (Ketua Umum panitia), Drs Antonius Purba (Sekretaris Umum), Arthur MD Batubara MSc (bendahara umum) serta sejumlah anak rantau dan undangan lainnya. Suasana peresmian memang luar biasa, membawa kesan dan pesan bagi pengunjung.
Acara diawali prosesi mengarak patung Op.Dolok pastor pertama merintis penyebaran agama katolik di daerah tersebut menuju lokasi gereja Santo Pio Purba Hinalang. Ketua Umum panitia Fransiskus Purba SH menceritakan pengalaman pahit mission Pastor P Elpidus Van Duyhoven allas Op.Dolok.
“Meski digeluti benturan tugas Pastor P Elpidus Van Duynhoven akhirnya dapat menemui mitra kerjanya, Tuan Raja Ikut Purba.
Kerja sama yang dijalin Pastor Elpidus Van Duynhoven ditindaklanjuti Tuan Kivas Purba putra Tuan Raja Ikut Purba. Penyebaran agama Katolik sampai ke Kutacane, Aceh Tenggara, ungkap Fransiskus Purba.
IBADAH KULTURATIF
Satu hal menarik buat, acara kebaktian dikemas mencerminkan ibadah kulturatif. Ada suara seruling dipadu dengan kidung klasik dibalut adat tradisional. Kebaktian yang dipimpin Uskup Agung Mgr AGP Datubara menerjemahkan fenomena simbol-simbol yang dilihat dan dialami manusia.
Mengambil khotbah dari Jeremia yang intinya menegaskan bahwa Jeremia ketika itu mengatakan “Siapakah Aku Ini”. Ada yang mengatakan Johanes Pembaptis, Jeremia dan lain-lain. Tapi siapapun aku menurut penilaian orang waktu itu, aku tetap menjalankan dan memberitakan firman Tuhan. Khususnya mengatakan bahwa gereja itu satu. Umat Katolik disarankan harus dapat menerima berbagai gereja yang ada di dunia. Sebab di hadapan Tuhan gereja itu adalah satu, ujar Mgr Datubara.
Mengakhiri khotbahnya yang cukup bernas Uskup Agung mengutip sebait rangkaian umpasa “Eme Sitamba Tua Parlinggoman Siborok, Debata do na martua, horas ma hita saluhutna diparorot”. Semua khotbah tersebut disampaikan dalam bahasa Simalungun.
TINGKATKAN MENTALITAS
Mantan menteri tiga periode DR Cosmas Batubara kepada SIB mengatakan peresmian/pemberkatan Gereja Katolik inkulturatif stasi Santo Pio Purba Hinalang bertujuan untuk meningkatkan mentalitas dan kerohanian seluruh umat. “Saya sebagai putra daerah dari Purba Hinalang ini mau bekerja keras untuk meningkatkan pembangunan gereja santi Pio ini.
Pembangunan dan peningkatan gereja hendaknya disertai dengan peningkatan mentalitas dan kerohanian yang dibuktikan dengan rajin datang ke gereja dan tidak meninggalkan segala kegiatan yang berhubungan dengan firman Tuhan,” pinta Cosmas Batubara.
Sejumlah tokoh masyarakat, agama yang menerima cendramata seperangkat pakaian adat Simalungun sebagai apresiasi ungkapan terima kasih atas beberapa bantuan moril dan material atas pelaksanaan pembangunan gereja yang terbesar di Simalungun Atas itu di antaranya Mgr AGP Datubara OFM Cap.Kapusin Katolik Medan. DR Cosmas Batubara, Ir Topot Saragih (mewakili Bupati Simalungun), Raja Ulung Girsang (Jakarta), DR Valentino Girsang, DR GM Panggabean (Pemimpin Umum Harian SIB) diterima Korda SIB P Siantar Harryson Manurung, Drs Sabam Leo Batubara/istri dan seluruh keluarga besar Batubara yang berada di Jakarta.
Suasana peresmian gereja yang dihadiri lebih kurang 5000 jemaat ditandai makan bersama serta diselingi lelang untuk mengumpulkan dana untuk menutupi kekurangan biaya pembangunan sebesar Rp261 juta. (S5/BS/e)

Entry filed under: GABBAR HUTA. Tags: , , , , .

STA Saribudolok Diuji Coba BUNGA NI DUHUT-DUHUT (BUNGA RUMPUT)

12 Comments Add your own

  • 1. Royherry F.Sipayung  |  May 14, 2008 at 2:09 pm

    Horas….

    Selamat atas apa yang anda coba sajikan mengenai Saribudolok – Silimakuta sekitarnya…

    Cukup menarik dan teringat masa mungkin sekitar 23 tahun yang lalu ketika saya mengenal Pastor Oppung, pribadi yang sangat mengesankan….

    Terima Kasih dan Selamat Berkarya…Tuhan Memberkati.

    Royherry Fransiscus Sipayung

    Lahir di Pematang Siantar, semasa sekolah selalu berusaha liburan di Simpang Haranggaol dsktrnya

    Reply
  • 2. rony  |  June 7, 2008 at 5:50 am

    saridolok horas haganupan ………….. tambah dear dohot ro maju do …………partisipasi pemuda maningon itingkathon ase boi hita mamboan goranni huta ta dohot gareja ta . horas ……

    Reply
  • 3. Joan Berlin Damanik, SSi, MM  |  June 9, 2008 at 5:33 pm

    Horas Siamlungun , Horas Saribudolok, Horas Hita Ganupan…… mantap tumang do anggo adong kemajuan ni hita halak simalungun songonon, sai anggiat ma namin lam jenges hita simalungun on

    Horas….Horas….Horas…

    Reply
  • 4. joy  |  November 29, 2008 at 12:18 pm

    horas,,,,,ss,,,,
    tolong masukin poto gereja katolik saribu dolok donk,,,,,,,
    kalo bisa poto pastoran,SMA duynhoven,asrama juga ya,,,
    soalnya saya mantan asrama,,

    m’kasi ya,,,,,
    horas,,,,,,,horas,,,,

    Reply
  • 5. rhicardo haloho  |  May 13, 2009 at 12:19 pm

    hai..
    pa kabar??
    aku mau titip salam ma mantan SMA DUYNHOVEN , moga kita cemua dapat di universitas yang kta inginin dolo bareng.
    ku titip salam jg wat wali kelas q, Mr.E ginting , mog tetep cakep aj inget mantan2 murid2 nya.
    makaci yach…….

    Reply
  • 6. Brayen Markos Purba  |  June 24, 2009 at 9:49 am

    horas…hubanta ganup..
    sonari gereja Santo Pio purba hinalang domma menjadi salah sada ikon simalungun atas, tarimakasih bani nassiam na domma dohot martisipasi na mambangun gareja ta on.
    malas uhur ta janah malas uhur ni Tuhanta, na domma jenges hape gareja ta i huta.

    Reply
  • 7. Betti Sihite  |  September 8, 2009 at 7:02 am

    Sebagai anak purba Hinalang au bangga tumang bisa punya gereja sebagus Gereja St. Pio. Tarimakasih Tuhan, tarimakasih homa bani ganup partua dan pendukung pembangunan Gereja. Semoga makin Suskes teruus..Tuhan Memberkati..

    Reply
  • 8. jefri  |  January 22, 2010 at 4:53 pm

    horas… simalungun.atap naha ma sonari huta in tene.domma piga dokah hu tadikkn masiholan tumang ahubani huta ai, apa lgi bani gareja on alani.gareja on pas bni simp.huta hatubuan hu.si andohar ma nian tambah maju huta in.horas bani warga simp.haranggaol.

    Reply
  • 9. jasa  |  April 2, 2010 at 5:51 am

    i sirpang harang gaol do i kan…???

    Reply
  • 10. Juan  |  June 20, 2010 at 9:04 am

    Horas Ibatta Haganupan, semasa 95-98 menjadi huta ke 2 do Simp Haranggaol ibakku , halani marjuma hanami di sihorbo( diatas Bukit Haranggaol)… hinan gareja on dari kayu dope sonari duma megah tene, malas uhur…semoga yang ikut membanti diberkati OlehNya…

    Salam…

    Reply
  • 11. silvia  |  July 31, 2010 at 10:17 pm

    horasss…..smua’y
    smg kmghn grj’y mncrminkn hati stiap umat ALLAH ….umat yg rajin beribadah n berdoa ….bwt mntn anak sma duynhoven angktn 2010 ti2p slm y …mga qt smua sukses bwt yg dh merit slmat yach ….syaloom !!!!

    Reply
  • 12. Rio  |  October 27, 2010 at 9:06 am

    Buat kawan2 angkatan 2005, jangan lupakan ya sma kita, kalo bisa mari kita bantu adik2 kita diluar sana, sebagai bukti kepedulian kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 68,789 hits

%d bloggers like this: