Senin, DPRD Ajukan Penangguhan Penahanan RG

September 5, 2008 at 2:52 pm 5 comments

Senin, DPRD Ajukan Penangguhan Penahanan RG PDF Cetak E-mail
Sabtu, 30 Agustus 2008

SIMALUNGUN-METRO

Direncanakan Senin (1/9) DPRD Simalungun mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan terhadap RG, oknum anggota dewan yang ditahan di Mapolsek Lumbanjulu Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) karena diduga terlibat perampokan pinggan pasu dan barang lainnya, Rabu (20/8) dini hari lalu. Permohonan penangguhan penahanan terhadap RG akan dijaukan langsung ke Kapolres Tobasa.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Simalungun Syahmidun Saragih SSos kepada METRO, Jumat (29/8). Menurut Syahmidun yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Simalungun itu, permohonan penangguhan penahanan diajukan setelah pihaknya menerima dan mempelajari laporan Badan Kehormatan (BK) DPRD Simalungun dan Fraksi Golkar Simalungun yang telah terlebih dahulu mengunjungi RG di Mapolsek Lumbanjulu.

Disebutkan Syahmidun, pihaknya akan meminta Polres Tobasa menangguhkan penahanan RG dan dilakukan penyelidikan atau proses hukum sesuai prosedur. Polisi, lanjutnya, juga harus memerhatikan ketentuan dan prosedur yang ada dalam penangkapan seorang anggota DPRD, yang harus ada izin gubernur. “Secepatnya kita akan kirimkan permohonan penangguhan. Dipastikan hari Senin kita akan sampaikan,” ujar Syahmidun.

Tidak Sah

Masih kata Syahmidun, penangkapan dan penahanan anggota DPRD harus mendapatkan izin dari gubernur. Jika gubernur tidak ada, penangkapan bisa dinyatakan tidak sah, kecuali yang bersangkutan tertangkap basah melakukan tindak pidana.

Saat ditanya tentang keterlibatan RG dalam perampokan, Syahmidun menjawab berdasarkan laporan yang diterima dan setelah dengan seksama dipelajari, sebenarnya tidak ada hal kuat yang menyatakan RG terlibat perampokan. Sebab setelah beberapa kali ditanya oleh BK DPRD dan anggota Fraksi Golkar DPRD Simalungun, RG tetap membantah keterlibatannya. RG memiliki alibi bahwa di saat kejadian ia berada di rumahnya di Saribudolok, Simalungun. “Jadi untuk memberikan hak RG sebagai anggota DPRD, diharapkan Polres Tobasa mengabulkan permohonan penangguhan,” kata Syahmidun.

Sebelumnya Wakil Ketua BK DPRD Simaalungun SM Simarmata menyatakan, pimpinan DPRD Simalungun sesegera mungkin meminta kepada petugas Polres Tobasa untuk membebaskan RG. Sebab tidak ada yang membuktikan keterlibatan RG dalam aksi perampokan. Ia pun meminta petugas menghargai hak imunitas yang melekat pada RG yang merupakan anggota DPRD Simalungun.

Seperti diberitakan, RG diduga terlibat aksi perampokan pinggan pasu dan barang lainnya di Lumbanjulu Kabupaten Tobasa, Rabu (20/8) dini hari. RG dan dua rekannya, JEP dan US diamankan dan ditahan petugas sore harinya, sekira pukul 17.00 WIB.(spy)

Entry filed under: SAHAP I KODE. Tags: .

BERITA PERAMPOKAN ORANG SARDOLOK? Tiga Penjudi Kopyok Ditangkap

5 Comments Add your own

  • 1. Tulang  |  September 11, 2008 at 12:18 pm

    Mittor toal dassa anggota DPRD on, Anggo domma marsalah mittor ihurung malah,ase ulang somal.Mau anggota DPRDke,mau tokehke.Dari pada pailahon jolma simbuei.Saya mohon kepada bp kapolres,kalau memang sudah terbukti bersalah,jangan dilepas itu orang,harus diproses sesuai hukum.

    Reply
  • 2. Pabisuk  |  September 18, 2008 at 12:30 pm

    Anggota DPRD itu kan ada hak Immunity, jadi tidak bisa asal di tahan. Sonai do ambia, unang pala emosi to.Tongon do nihatahon mai, anggo perwakilan ni Rakyat sonari nahurang bahat duit do ambia.
    Shalom.

    Reply
  • 3. jhon'c  |  September 21, 2008 at 5:40 am

    buat tualang RG sabar ma ham ati
    au jon han FKPPS mandukung ham do sepenuhnya.
    kadangmemang terlalu banyak alasan orang lain untuk mematikan karir seseorang
    tp tegar ma ham hanami tetap do mandukung ham.
    lagian setauku pada sebelum”nya pencarian pinggan pasu d simalungun ga ada masalah kok skrng kok bisa terjadi seperti ini
    siapa di belakang semua ini….????
    TANGKAP,PERIKSA,PENJARAKAN,PROFFOKATORNYA..

    Reply
  • 4. elindo saragih  |  March 3, 2009 at 5:30 am

    Hukum maningon inpajongjong sesuai aturan. lang pandang bulu anggota DPR atap ise pe. Bravo Kapolres Simalungun. tegakkan hukum sesuai dengan aturan. Horass

    Reply
  • 5. paskah Tambunsaribu  |  April 13, 2009 at 10:55 am

    tabai nasiam ma poto sardolok ai

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 68,789 hits

%d bloggers like this: